• Mutiara Hikmah Kaligrafi :“Kaligrafi adalah tradisi yang diperindah gerakan jemari dengan pena berdasarkan kaedah-kaedah khusus.”
    • Mutiara Hikmah Kaligrafi :““Penguasaan khat adalah indahnya rautan.”(Ibnu Muqlah dalam Tarikh al-Khat al-‘Arabi wa Adabihi).”
    • Mutiara Hikmah Kaligrafi :““Khat yang indah menambah kebenaran semakin nyata.”(HR Dailami dalam Musnad al-Firdaus).”
    • Mutiara Hikmah Kaligrafi :“Rasulullah SAW mengingatkan: “Wahai Abdullah, renggangkan jarak spasi, susunlah huruf dalam komposisi, peliharalah proporsi bentuk-bentuknya, dan berilah setiap huruf hak-haknya.”.”
    • Mutiara Hikmah Kaligrafi :““Barangsiapa meninggal dunia, sedangkan warisannya adalah catatan dan tinta, ia niscaya masuk surga.”(HR Dailami dalam Irsyad al-Qulub).”
    • Mutiara Hikmah Kaligrafi :““Barangsiapa meraut pena untuk menulis ilmu, maka Allah akan memberinya pohon di syurga yang lebih baik daripada dunia berikut seluruh isinya.”(Al-Hadis).”
    • Mutiara Hikmah Kaligrafi :““Kaligrafi itu tersirat dalam pengajaran guru, tegak profesionalnya tergantung banyak latihan, dan kelanggengannya pada pengamalan agama Islam.”(Ali bin Abi Talib).”
    • Mutiara Hikmah Kaligrafi :““Kaligrafi itu lembut seperti awan yang berarak-arakan dan gagah seperti naga yang sedang marah.”Wang Hsichih).”
    • FOTO BERSAMA DI DEPAN PESANTREN LEMKA

      “Barangsiapa kurang bagus caranya menorehkan tinta, meraut dan memotong kalam, memposisikan kertas, dan mengatur gerakan tangan waktu menulis, berarti dia sedikit pun tidak mengerti cara menulis.”(Al-Maqri al-‘Ala’i dalam Tarikh al-Khat al-‘Arabi wa Adabihi)

    • PEMBUKAAN GALERI KALIGRAFI ISLAM TIONGH0A

      “Bagusnya rautan kalam adalah setengah khat, dan mengetahui tatacara memotongnya adalah setengah sisanya. Karena sesungguhnya, setiap gaya khat mempunyai potongan tersendiri.”(Al-Maqri al-‘Ala’i dalam Tarikh al-Khat al-‘Arabi wa Adabihi)

    • SAFARI SENI KE BAYT ALQURAN - TMII JAKARTA

      “Seorang kaligrafer sebaiknya mengerti bahasa Arab. Pemahaman bahasa Arab itu menjadi lebih penting, karena hampir semua kaligrafer, dengan sendirinya, akan berhubungan dengan Alquran. Salah titik saja, bisa berakibat fatal.”(D. Sirojuddin AR dalam Republika 1995)

    • DISKUSI SENI DI GEDUNG PUSTAKA

      “Seorang kaligrafer sebaiknya mengerti bahasa Arab. Pemahaman bahasa Arab itu menjadi lebih penting, karena hampir semua kaligrafer, dengan sendirinya, akan berhubungan dengan Alquran. Salah titik saja, bisa berakibat fatal.”(D. Sirojuddin AR dalam Republika 1995)

    • SUASANA BELAJAR SANTRI DI SAUNG TERMINAL EKSPRESI

      “Seorang kaligrafer sebaiknya mengerti bahasa Arab. Pemahaman bahasa Arab itu menjadi lebih penting, karena hampir semua kaligrafer, dengan sendirinya, akan berhubungan dengan Alquran. Salah titik saja, bisa berakibat fatal.”(D. Sirojuddin AR dalam Republika 1995)

    Lukisan Kaligrafi Jadi Media Dakwah

    Posted by Pesantren Kaligrafi Alquran Lemka On 17.28.00 No comments


    Muhammad Hasanudin
    Sebagian kaligrafi hasil karya seniman sufi di Seminyak, Kuta, Bali, yang digunakan sebagai media dakwah.
    KUTA, Jika biasanya dakwah lebih banyak dilakukan dengan berceramah di masjid atau melalui buku-buku agama, sejumlah seniman lukis di Seminyak, Kuta, Bali, berdakwah melalui cara yang unik. Dengan kemampuan lukis yang mereka miliki, para seniman yang juga penganut ajaran sufi ini menyampaikan dakwah melalui lukisan kaligrafi.
    Para seniman ini berkumpul di sebuah galeri lukis bernama Sufi Art Gallery di Jalan Seminyak, Kuta, Bali. Selain melukis berbagai lukisan beraliran abstrak, seniman lukis sufi ini juga terketuk hatinya untuk melukis kaligrafi Islam yang mereka gunakan sebagai media untuk menyiarkan agama Islam.
    Menurut Arif Billah, salah seorang seniman sufi, media dakwah bersifat universal dan bisa dilakukan dengan berbagai cara yang positif.  "Ini sebagian dari pengamalan saya saja, di samping dunia saya, agama saya, akhirat saya, sekalian ini maksudnya untuk dakwah, disampaikan walaupun bukan dengan lisan,” ujar Arif Billah, sembari meneruskan guratan cat di atas kanvas.
    Kebanyakan lukisan kaligrafi ini bermuatan asmaul-husna atau nama-nama milik Allah yang indah dan baik. Nuansa minimalis dan realis sangat kental dalam sebuah lukisan kaligrafi karya seniman sufi ini.
    Tidak hanya warga atau wisawatan lokal yang berkunjung ke Sufi Art Gallery ini, tetapi wisatawan asing pun banyak yang tertarik dengan lukisan-lukisan kaligrafi hasil karya mereka.
    Harga sebuah lukisan kaligrafi pun bervariasi, mulai Rp 400.000 hingga Rp 5 juta, tergantung ukuran dan tingkat kerumitannya.
    Sumber : http://regional.kompas.com/read/2010/08/15/12520818/Lukisan.Kaligrafi.Jadi.Media.Dakwah
    Artikel Terkait Lainnya :


    Silahkan bagikan informasi ini ke teman-teman anda di facebook, twitter dll. Caranya, klik salah satu logo share dibawah ini. Semoga bermanfat dan terimakasih.

    Bila menurut anda artikel-artikel kami bagus dan bermanfaat, mari berlangganan artikel gratis tentang kaligrafi dan tentang LEMKA melalui email, dengan cara memasukan alamat email anda disini :

    Delivered by FeedBurner

    0 komentar :

    Poskan Komentar

    Silahkan memberikan komentar, demi eratnya tali silaturahim kita...



    !!!

      DOWNLOAD VIDIO, KALIGRAFI KONTEMPORER, FOTO KALIGRAFI GRATIS, INFO LEMKA, ARTIKEL KALIGRAFI, INFO KALIGRAFI, PERKEMBANGAN LEMKA, KURSUS KALIGRAFI PESANTREN KALIGRAFI ALQURAN LEMKA, DIKLAT LEMKA



    !!!


    !!!
      Pesantren Kaligrafi Alquran Lemka
        Sekretariat: Jln. Bhineka Karya No. 53, Rt. 003/06 Kelurahan Karamat, Kecamatan Gunung Puyuh, Kota Sukabumi, Provinsi Jawa Barat, Indonesia 43122
        Email : lemkanet@yahoo.com
        (0266) 231754
        ******