Menu float

Pembukaan Kursus Kaligrafi Lembaga Kaligrafi Alquran (LEMKA)

Siang itu suasana Aula Masjid As-Salam Jalan Ir. H. Juanda, Gang Semanggi I Nomor 26, Cempaka Putih-Ciputat tidak seperti biasanya. Terlihat sekumpulan orang di dalam aula dan juga jejeran lukisan kaligrafi yang terpampang di dinding luar dan dalam aula masjid. Rupanya setelah dilihat lebih kedalam di tempat aula masjid tersebut sedang diadakan pembukaan kursus kaligrafi yang diselenggarakan oleh Lembaga Kaligrafi Al-Qur’an (LEMKA) Ciputat. Acara tersebut dimulai sejak pukul 09.00-12.05 waktu setempat.

Pembukaan kursus kaligrafi yang dilaksanakan pada Minggu (27/03), merupakan gelombang ke-50 dalam penerimaan siswa baru. Dari informasi yang didapat tercatat ada 64 orang yang mendaftar. Rangkaian acara yang dimulai dari awal hingga akhir, ternyata ada moment yang ditunggu-tunggu oleh seluruh peserta dan juga panitia, yakni demo penulisan kaligrafi yang dilakukan oleh pendiri LEMKA DRS. Didin Sirojuddin AR, yang juga sebagai salah satu dosen di Fakultas Adab dan Humaniora, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Siswa senior sedang memberi arahan terhadap siswa baru tentang lukisan kaligrafi

Selain untuk memacu kreatifitas siswa dalam membuat karya seni, pembukaan kursus kaligrafi yang merekrut siswa baru tersebut menjadi salah satu strategi dalam menyiarkan agama Islam dengan tulisan kalimat-kalimat Allah. “Disamping membuat karya seni, dengan membuat karya kaligrafi Al-Qur’an juga turut menyiarkan agama Islam dengan goresan kalimat Ilahi,” ujar Drs. Didin Sirajudin AR saat memberikan sambutan pada acara pembukaan kursus kaligrafi.

Selain itu, pada pelataran ruang dalam aula masjid juga dipamerkan beberapa karya dari para senior siswa dan juga ustadz-ustadz yang mengajar dibidang seni tulisan kaligrafi Al-Qur’an itu. Pada akhir rangkaian acara panitia menyiapkan tempat bagi siswa baru untuk menuangkan sedikit kreatifitas mereka yang dibimbing oleh para senior. Terlihat semua siswa baru sangat antusias dalam menanggapi program acara tersebut.


Tempat yang disediakan panitia untuk para senior dalam memberi contoh dan arahan kepada siswa baru

Panitia menyerukan bagi yang berminat menjadi seorang kaligrafer dan ingin mendaftar menjadi salah satu siswa di LEMKA Jakarta, harap menunggu dibukanya pendaftaran pada bulan September. Hal ini dikarenakan penerimaan siswa kursus kaligrafi sendiri ini dilakukan setiap dua kali dalam setahun atau setiap awal semester. Biasanya dalam pembukaan kursus kaligrafi panitia menyiapkan tempat pendaftaran di stand yang ada di wilayah kampus UIN Jakarta, yakni di tempat parkir Student Center (SC) yang terletak di samping Fakultas Syariah dan Hukum.


Karya kaligrafi yang dipamerkan panitia

Untuk mengetahui info lebih lengkap tentang LEMKA, panitia menyediakan blog yang dapat Anda kunjungi lemkaonline.blogspot.com atau bergabung dengan Facebook LEMKA yaitu : "Pesantren Kaligrafi Alquran Lemka Kota Sukabumi,"  "Lemka Lembaga Kaligrafi Alquran,"  “The Lemka Qur’anic Boarding School.”

Ditulis oleh: Rizki Aditya
Sumber : http://galeritangsel.com/pembukaan-kursus-kaligrafi-lembaga-kaligrafi-al-qur’an-lemka-ciputat/
Posted on 02 April 2011.

Share on Google Plus

About Pesantren Kaligrafi Alquran Lemka

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment