Menu float

Pembukaan Program Diklat Tahun Ajaran 2011-2012


Oleh : Syamsul Rizal

  • Pembukaan Program Diklat berbarengan dengan hari kelahiran pesantren, yang diimpikan lahirnya 17 tahun yang lalu (didepan ka'bah), dan didirikan 13 tahun lalu (9 Agustus 1998 M).
  • Pembukaan Program Diklat dirangkaikan dengan peresmian GEDUNG PUSTAKA

Persiapan dirancang, segala pendukung acara di siapkan dan digelar. Begitulah sekilas gambaran singkat rencana persiapan untuk menghadapai acara rutin yang sudah biasa diadakan pada permulaan tahun ajaran baru di Pesantren Kaligrafi Alquran Lemka. Para asatidz di pesantren ini biasa menyebut acara tersebut dengan nama "Pembukaan Diklat" (Pendidikan & Latihan). 

    Pada tahun ajaran ini, insya Allah acara tersebut akan digelar pada hari selasa, tanggal 9 agustus 2011. Bertepatan dengan tanggal kelahiran Pesantren tersebut, hari kelahiran pesantren yang dicintai dan kian dibanggakan tiap santri periode dan angkatannya. Pada hari tersebut seperti acara biasa lainnya, insya Allah akan diisi dengan pembacaan ayat suci Alquran, sambutan dari pejabat setempat, ketua Penerimaan Santri Baru (PSB), ketua Diklat dan Pimpinan Pesantren (K.H. Didin Sirojudin AR, M. Ag). Dihadiri oleh para santri baru, senior, asatidz dari berbagai penjuru dan seniman serta pelukis lainnya.

Namun yang berbeda dengan acara lain pada umumnya adalah disampaikannya stadium general (kuliah umum) yang akan disampaikan langsung oleh pimpinan pesantren. Stadium general merupakan kuliah umum yang disampaikan langsung oleh pimpinan pesantren sebagai usaha pemberian materi awal kepada santri baru yang berisi tentang kepesantrenan, sejarah kekaligrafian, dll.

Perlu diketahui bahwa pembukaan program Diklat tersebut berbarengan dengan hari kelahiran pesantren, yang diimpikan lahirnya 17 tahun yang lalu (didepan ka'bah), dan didirikan 13 tahun lalu (9 Agustus 1998 M).

Mudah-mudahan pembukaan program ini kembali diramaikan oleh kedatangan para asatidz lagi dari Jakarta dan berbagai penjuru daerah lainnya (yang biasanya turut hadir pula), dan semoga dihadiri pula oleh lebih banyak lagi santri dari berbagai provinsi (tahun sebelumnya dihadiri oleh santri dari 17 provinsi).

Oh ya, acara tersebut juga dirangkaikan dengan acara peresmian Gedung PUSTAKA (PUSAT STUDI KALIGRAFI DAN PERPUSTAKAAN LEMKA) yang baru selesai dibangun. Gedung tersebut diisi berbagai referensi seni-budaya dan kaligrafi yang direncanakan terlengkap se-Asia Tenggara, selain itu akan dilengkapi pula dengan koleksi buku untuk kebutuhan kuliah, sekolah dan bacaan anak-anak dan umum. Berupa artikel, kaidah kaligrafi, sejarah kaligrafi, filosofi kaligrafi, buku, skripsi, cerpen, makalah, novel, jurnal dan sumber-sumber kepustakaan lainnya. Hal tersebut telah dipergunakan oleh berbagai peneliti, mahasiswa untuk tugas akhir kuliah.

Semoga segalanya usaha baik melalui da'wah bil qalam dimudahkan dan diridhoi Allah Swt. Amin.

Share on Google Plus

About Pesantren Kaligrafi Alquran Lemka

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment