20 April 1985 : Tujuan LEMKA dipaparkan dengan jelas tanpa ragu-ragu lagi, yaitu: “Pengembangan bakat dan pengenalan khazanah Islam” dengan usaha-usaha antara lain “Mempercepat proses pemasyarakatan seni menulis khat atau kaligrafi kepada seluruh lapisan masyarakat, khususnya masyarakat muda, di tanah Air.”

12 November 2012

Berita Gembira! MTQ Nasional Korpri Pertama Akan Digelar

Oleh : Syamsul Rizal

Berita gembira!  Lomba kaligrafi (cabang dekorasi) akan turut digelar pada MTQ Nasional I Korpri (Korps Pegawai Republik Indonesia ) yang akan laksanakan di kota Makasar, Sulawesi Selatan pada tangal 22-28 November 2012 mendatang. Berita ini merupakan kejutan sekaligus kabar gembira untuk menyalurkan bakat para khattta yang sudah menjadi PNS (Pegawai Negeri Sipil). Insya Allah yang akan menjadi juri Drs.K.H. Didin Sirojudin AR, M.Ag (koordinator), Drs. Jamal Jamil, MA (pembina kaligrafi sulsel), dan Syaharudin (guru dan khattat lulusan Lemka asal Sulsel).

Aturan yang digunakan kurang lebih sama dengan yang ada dalam aturan MTQ yang diadakan oleh LPTQ.  MTQ yang diadakan oleh Korpri Pusat ini meliputi beberapa cabang lomba (putra-putri), yaitu : kaligrafi/khat dekorasi, Tafsir alquran bahasa indonesia, pidato/daiyah/syarhil quran, hifzfdzil  quran 5 juz, dan tilawah. Sejauh ini, informasi yang telah kami dapatkan sudah ada 20 provinsi yang siap untuk turut serta daam event ini dan telah mengadakan MTQ Korpri di tingkat provinsinya masing-masing.

Event tersebut makin melengkapi deretan kehadiran MTQ yang telah muncul lebih dahulu sebelumnya. Seperti MTQ yang diadakan oleh LPTQ Nasional, MTQ Mahasiswa, Pospenas (lomba seni dan olah raga untuk santri pondok pesantren), Lomba PAI untuk kalangan anak-anak SD, lomba FASI (Festival Anak Shaleh), MTQ oleh Dubes Kerajaan Arab Saudi, MTQ PTPN (PT. Perkebunan Nusantara-MTQ untuk anggta dan karyawan perusahan yang berada dibawah naungan PT. Perkebunan Nusantara. Wilayahnya meliputi sepanjang pulau Sumatra, ujung Aceh hingga Lampung, sebagian Kalimantan dan beberapa daerah lainnya di pulau Jawa, dll.), MTQ RRI (Radio Republik Indonesia), MTQ PHRI (sebuah sosiasi perhotelan Indonesia), MTQ Telkom Group, MTQ Wartawan, 

Alhamdulillah aneka MTQ telah banyak bermunculan. Semoga menjadi media untuk penghayatan, pengamalan dan makin mendekatkan kita kepada alquran. Amin.

Informasi yang terkait dengan hal ini silahkan di klik link berikut :

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan memberikan komentar, demi eratnya tali silaturahim kita...