20 April 1985 : Tujuan LEMKA dipaparkan dengan jelas tanpa ragu-ragu lagi, yaitu: “Pengembangan bakat dan pengenalan khazanah Islam” dengan usaha-usaha antara lain “Mempercepat proses pemasyarakatan seni menulis khat atau kaligrafi kepada seluruh lapisan masyarakat, khususnya masyarakat muda, di tanah Air.”

12 Juni 2014

kaligrafi ini bisa meningkatkan kreatifitas dan kecerdasan

Batam (Humas)—-Sebanyak 122 Peserta mengikuti perlombaan cabang Musabaqah Khattil Quran (Kaligrafi), pada Musabaqah Tialwatil Quran (MTQ) ke XXV di Kota Batam, dimulai pada pagi sabtu tanggal 07/06 sampai dengan hari ini Minggu 08/06 bertempat di Gedung Raja Nong Isa Jalan Engku Putri Batam Centre.
Pantauan kami, Minggu (08/06) peserta perlombaan Kaligrafi terlihat sangat serius menggoreskan kalam (semacam pena dari bambu) untuk membentuk aksara Arab Kaligrafi di atas kertas karton dan di atas triplek yang disediakan oleh panitia.

“Ada kaligrafi bergaya khat Naskhi, Tsuluth, Dewani, Dewani Jali, Farisi, Khufi dan Riq’ah. Tiap-tiap gaya memperlihatkan keindahan anotomi huruf yang lentur dan ekspresif, pendalaman gaya MTQ peserta lomba juga terlihat sudah mempersiapkan peralatan yang dibutuhkan untuk membuat kaligrafi”, ujar salah seorang panitia.

Salah seorang panitia, Yusuf Firdaus,S.Pd alumni dari Pesantren Kaligrafi Alquran Lemka Kota Sukabumi selaku Koordinator perlombaan cabang Kaligrafi golongan Mushaf mengatakan, perlombaan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kreatifitas dan kecerdasan para peserta yang berpartisipasi pada acara MTQ

“Kami berharap perlombaan kaligrafi ini bisa meningkatkan kreatifitas dan kecerdasan berwawasan seni Islam yang luas para khattat mampu menciptakan lapangan kerja dari usaha kaligrafi dan panitia mengajak bagi muda-mudi generasi muda Kota Batam Provinsi Kepri yang ingin mengasah keterampilan dan wawasan hingga mencapai kemahiran mengusai lebih cepat meningkatkan kreatifitas santri untuk diperlombakan di tanah air dan manca negara bisa datang ke alamat Pesantren Lemka Sukabumi untuk lebih jelas bisa mengunjungi website:www.lemka.net. 

Yusuf Firdaus,S.Pd menambahkan, akan dibuka dialog kaligrafi nasional dalam rangka pengembangan kaligrafi di Indonesia untuk masyarakat pada Rabu (11/7/2014) tepat pukul 08.00 pagi hingga selesai yang bertempat di Hotel Harmoni One Batam. Dihimbau masyarakat supaya datang menghadiri dialog kaligrafi. (ht)
http://kepri.kemenag.go.id/index.php?a=berita&id=196069

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar, demi eratnya tali silaturahim kita...