20 April 1985 : Tujuan LEMKA dipaparkan dengan jelas tanpa ragu-ragu lagi, yaitu: “Pengembangan bakat dan pengenalan khazanah Islam” dengan usaha-usaha antara lain “Mempercepat proses pemasyarakatan seni menulis khat atau kaligrafi kepada seluruh lapisan masyarakat, khususnya masyarakat muda, di tanah Air.”

23 September 2014

Demo Kaligrafi Meriahkan MTQ Internasional Sumsel 2014

Palembang – Dalam rangka memeriahkan pelaksanaan MTQ Internasional 2014 yang diselenggarakan di dipusatkan di Palembang Sport and Convetion Center (PSCC) Palembang 23 September, berbagai kegiatan mendukung acara tersebut, salah satu diantaranya adanya special event demo Kaligrafi, bekerja sama dengan Panitia Penyelenggara MTQ Internasional dengan lembaga Kaligrafi Indonesia (LKI) Provinsi Sumsel dan diisi oleh Gubernur dan Ust. Didin Sirojudin AR,  M.Ag (dari Pesantren Kaligrafi Alquran Lemka). 

Demo kaligrafi dimulai oleh Gubernur dengan membuat 2 buah titik dan diteruskan Ust. Didin Sirojudin AR, M.Ag beserta para khatat dari Pesantren Kaligrafi Alquran Lemka dan khatat lainnya untuk menuliskan surat Yasin pada kain sepanjang 200 meter tsb. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel ingin memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (Muri) penulisan kaligrafi terpanjang se-Indonesia. Melalui penulisan kaligrafi tersebut, Alex menambahkan, pihaknya berkeinginan untuk salah satu penghargaan bergengsi melalui mengalahkan salah satu penulisan kaligrafi terpanjang di Indonesia.

Ust. Didin meneruskan gresan Gubernur

 Ust. Didin menandatangani prasasti pendirian Lembaga kaligrafi

Special event yang  diikuti 74 peserta berasal dari Kabupaten/Kota se-Sumsel, tidak hanya itu peserta dari luar Provinsi Sumsel seperti Bengkulu dan Jawa Tengah turut meriahkan acara tersebut.
Diungkapkan Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Sumsel yang juga sebagai Wakil ketua Pelaksana MTQ Internasional 2014 Richard Cahyadi. Rabu (17/09) di Sekretariat MTQ Internasional 2014 Hotel Arya Duta Palembang.

Richard Cahyadi mengatakan, Special Event ini sengaja digelar untuk memeriahkan MTQ Internasional 2014 yang diharapkan juga dapat menambah semarak penyelenggaraan MTQ di Bumi Sriwijaya ini.

Dalam special Even ini juga akan dilakukan penandatanganan prasasti lembanga Kaligrafi Indonesia (LKI) Provinsi Sumsel oleh Gubernur Sumsel H Alex Noerdin.

Demi menyuksesakan rangkain event MTQ ini pihaknya juga mendatangkan pelatih kaligrafi Internasional yang dimiliki Indonesia, nantinya ahli kaligrafi  Ust. Didin Sirojudin AR, M.Ag  mendampingi Gubernur Sumsel H Alex Noerdin untuk menggoreskan  huruf Suci Al Qur’an dimedia Kaligrafi yang akan diteruskan oleh pelukis Kaligrafi Sumsel menjadi Kaligrafi Surat yasin sebagai tanda dimulainya demo Kaligrafi pada kain sepanjang 100 meter.

Gubernur menandatangani prasasti pendirian lembaga kaligrafi

Tidak hanya itu, akan juga diadakan City tour mengunjungi Musium Al Quran raksasa yang ada di Palembang. Selain itu Penitia MTQ juga menyiapkan berbagai acara seperti pameran tari dan digelar pameran buku islam oleh Ikatan Dai Indonesia (IKADI) dan MTQ Expo.

Untuk MTQ Expo, dijelaskan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sumsel Permana, pihaknya memanfaatkan kegiatan internasional tersebut dengan mengadakan pameran.

Pameran melalui MTQ Expo itu akan diikuti usaha kecil dan menengah yang ada terutama dari kabupaten dan kota di Sumsel.

Jadi melalui kegiatan tersebut diharapkan perekonomian daerah akan terus berkembang sekaligus pendapatan masyarakat bertambah, “pameran diikuti para usaha kecil dan menengah yang ada di daerah ini” ungkapnya.

Ust. Didin bersama Gubernur da pejabat terkait

“Melalui pameran diharapkan tumbuh usaha kecil lainnya, sehingga usaha rakyat akan lebih banyak,” harap Permana. (REP)
http://trijayafmplg.net/berita/2014/09/demo-kaligrafi-meriahkan-mtq-internasional-sumsel-2014/