20 April 1985 : Tujuan LEMKA dipaparkan dengan jelas tanpa ragu-ragu lagi, yaitu: “Pengembangan bakat dan pengenalan khazanah Islam” dengan usaha-usaha antara lain “Mempercepat proses pemasyarakatan seni menulis khat atau kaligrafi kepada seluruh lapisan masyarakat, khususnya masyarakat muda, di tanah Air.”

11 September 2014

Orang Brunnei-pun Belajar Kaligrafi di LEMKA

proses belajar tehzib di Pusat Data dan Perpustakaan Lemka



Pada tanggal 4-6-2014 tepatnya pada hari rabu, Pesantren lemka kedatangan tamu dari negara tetangga Brunei darussalam. kunjungan ini adalah kali keduanya setelah kunjungan belajar pertama pada akhir desember 2013 yang lalu.

Dalam kunjungan belajar kali kedua ini datang dua orang dengan tujuan silaturahmi dan menambah wawasan mereka tentang kaligrafi, mereka adalah ; H.Yahya bin H.Apong, dan H.Mohd.Shahrol Azmi bin H.Abd.Muluk.


 LEMKA Lemka dianggap tempat yang cocok untuk mereka menimba ilmu, karena dalam usianya yang ke-17 tahun lemka telah mencetak lebih dari 1000 kaligrafer yang tersebar diseluruh penjuru nusantara.

Kunjungan belajar ini dimulai dari tanggal 4-23 juni 2014 yaitu sekitar 19 hari. Dengan waktu yang relatif singkat ini mereka menggali wawasan kaligrafi sembari belajar melukis tekstur.

 Menurut mereka, dengan waktu yang singkat ini mungkin mereka belum dapat sepenuhnya mempelajari wawasan kaligrafi secara mendalam, sehingga mereka menganggap ini sebagai "kursus kilat untuk sebuah awal pengenalan kaligrafi". Dalam materi yang diajarakan kepada mereka ini dapat diperoleh berbagai materi khat. Diantaranya khat naskhi, tsulus dan materi pembuatan ornamen khas Timur Tengah (tehzib).


sedang asyik mendengarkan penjelasan tentang wawasan kaligrafi...!!!