Acara Pembukaan Kursus Kaligrafi Gelombang ke-57


LEMKA (Lembaga Kaligrafi Alquran Lemka) Kemarin pada tanggal 28 September 2014 sudah nampak sangat sibuk pada pagi harinya. Hari itu akan dilaksanakan pembukaan kursus kaligrafi secara resmi pada pukul 09.00.

Seremoni pembukaan kursus kaligrafi gelombang ke-57 tersebut akan dilangsungkan secara meriah dengan dihadiri peserta kursus baru yang terdaftar sebanyak 60 peserta, yang sebagian besar terdiri dari mahasiswa berbagai kampus di wilayah domisili sekitar Jakarta, Tangerang, Bogor, Depok & Bekasi.

Selain itu hadir pula para tamu undangan yang terdiri dari para pelukis dan pelukis kaligrafi, seperti Efendi Le'ong, Ilham Khoiri (Wartawan Kompas dan alumni Lemka yang aktif dalam dunia jurnalistik dan pameran lukisan dalam/luar negeri), Khairunnisa Affandi, SHI, MSR (Pelukis ITB sekaligus alumni Lemka yang telah juara kaligrafi tingkat Nasional).

Sebagian asatidz Lemka dan tamu undangan

Pada kesempatan tersebut juga turut hadir asatidz dari Lemka dan Pesantren Kaligrafi Alquran Lemka yang tidak kalah banyak prestasi dalam pameran dan lomba-lomba kaligrafinya.

Sambutan Ketua panitia penerimaan peserta kursus


Kursus kaligrafi ini merupakan program rutin dari Departemen Pembinaan Minat & Bakat (Depbinkat) Lemka yang kini diketuai oleh Ust. M. Jakfar, SS (juara dekorasi Prov. Jambi). Program kursus khat semacam ini selalu diadakan sejak berdirinya Lemka tahun 1985.
Pada tahun sebelumnya peserta kursus ini diikuti oleh beberapa peserta luar negeri.  Contohnya, ada 1 peserta berasal dari Kamboja, Jepang, Thailand & Turki.

Materi kaligrafi dan lukis oleh Mbak Anis

Sebagaimana biasa acara dibuka dengan pembacaan ayat suci Alquran dengan lagu tilawah, sambutan ketua panitia pendaftaran, sambutan ketua Departemen Pembinaan Minat & Bakat (Depbinkat) Lemka, Sambutan sekaligus pembukaan kursus secara resmi oleh Direktur Lemka Drs. H.D. Sirojuddin AR, M.Ag dan hiburan lagu Nasyid.

Kemeriahan demo kaligrafi


Kemudian acara dilanjutkan dengan penyampaian materi dan  Dialog bertemakan Seni-kaligrafi dengan pembicara Khairunnisa Affandi, SHI, MSR (mba Anis). Beliau merupakan alumni Lemka & Seni Rupa ITB, juara II MKQ MTQ Nasional 1997 di Jambi golongan Naskah.
Selanjutnya acara diakhiri dengan diakhiri dengan demo kaligrafi oleh: Drs. H.D. Sirojuddin AR, MAg (kontemporer), Zulhaizam (hiasan Mushaf), Zainal Musthofa (Naskah) & Rifqi Fahrizal.
Hiburan nasyid

Penjualan peralatan kaligrafi

Para kru Lemka dan panitia

Beberapa peserta kursus kaligrafi


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar, demi eratnya tali silaturahim kita...