20 April 1985 : Tujuan LEMKA dipaparkan dengan jelas tanpa ragu-ragu lagi, yaitu: “Pengembangan bakat dan pengenalan khazanah Islam” dengan usaha-usaha antara lain “Mempercepat proses pemasyarakatan seni menulis khat atau kaligrafi kepada seluruh lapisan masyarakat, khususnya masyarakat muda, di tanah Air.”

02 Oktober 2014

Ustadz Didin Sirojuddin Berikan Wawasan Tentang Sejarah Tulisan

Drs. K.H D. Sirojuddin AR, MAg sedang menjelaskan
wawasan sejarah tulisan kaligrafi
  sukabumi - Pagi nan cerah dengan matahari yang menghangatkan kulit memberikan semangat pada setiap santri untuk menimba ilmu dan wawasan tentang Kaligrafi, tepatnya pada tanggal (01-10-2014) Drs K.H.Didin Sirojuddin AR, M.Ag memberikan wawasan sejarah tentang Tulisan.


 
sedang fokus mendengarkan
  Pada kesempatan kali ini, beliau memaparkan sedikit banyaknya tentang sejarah tulisan kuno yang diantaranya : tulisan sejak zaman nabi Adam masih di syurga, sampai dengan sejarah tulisan Hieroglyph (mesir), Devanagari (india), Kaminomoji  (jepang), Kuno forni (babilonia), Azteka (amerika latin. Semua tulisan ini adalah yang paling kuno, namun masih dalam bentuk simbol dan belum berbentuk sebuah susunan huruf yang terbaca.
 
Surat Nabi Muhammad dalam bentuk khat arab kuno

Baru kemudian dijelaskan sejarah munculnya tulisan arab yang muncul belakangan sebagai pendatang baru hingga terbentuknya kaidah khat dan hingga sekarang.



Selain itu beliau juga menjelaskan keutamaan menulis yang tersirat pada wahyu Allah yang pertama kali turun yaitu menjelaskan tentang perintah membaca dan menulis :
"Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang menciptakan - Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah - Bacalah, dan Tuhanmulah yang maha mulia - Yang mengajar (manusia) dengan pena - Dia mengajarkan manusia apa yang tidak diketahuinya".

salah satu tulisan kuno mesir Hieroglyph

Singkatnya tulisan arab mempunyai keutamaan yang sangat mulia disisi Allah, dan memperindahnya pun adalah salah satu cara memuliakan Al-quran. 








                                               
                                                 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar, demi eratnya tali silaturahim kita...