20 April 1985 : Tujuan LEMKA dipaparkan dengan jelas tanpa ragu-ragu lagi, yaitu: “Pengembangan bakat dan pengenalan khazanah Islam” dengan usaha-usaha antara lain “Mempercepat proses pemasyarakatan seni menulis khat atau kaligrafi kepada seluruh lapisan masyarakat, khususnya masyarakat muda, di tanah Air.”

01 November 2014

Bimbingan Cabang MTQ Bagi Santri Dimulai

ustadz Walkhatimi sedang memperkenalkan cabang Naskah

 Pembelajaran Khat Naskhi telah selesai ujian pun telah dijalani, tiba saatnya para santri memulai pelajaran baru yaitu Khat Tsulus. Tidak hanya pembelajaran baru saja yang dijalani melainkan para santri juga sudah mulai dikenalkan pada cabang-cabang yang akan mereka geluti untuk perlombaan dalam negeri yang sering disebut dengan MTQ.

para santri yang mengikuti cabang Dekorasi







Tepatnya pada hari sabtu tanggal 01 november 2014 para santri sudah mulai dibebaskan untuk memilih cabang-cabang yang akan mereka dalami selama setahun kedepan sebagai persiapan dalam perlombaan yang sering diadakan di indonesia yaitu Musabaqoh Tilawatil Qur'an. Ada tiga cabang yang dapat mereka pilih salah satunya, diantaranya ; Naskah, Mushaf, Dekorasi dan tambahan materi lukis kontemporer.  Materi yang dipelajari diantaranya ; pencampuran dan komposisi warna, materi tehnik membuat desain dan tatawarnanya, tehnik dalam lomba, tehnik susunan dan komposisi huruf dll. Setiap cabang mempunyai ciri khas masing-masing seperti cabang Naskah yang lebih menonjolkan tulisan, dan cabang Mushaf yang menonjolkan hiasan, serta cabang dekorasi yang menonjolkan hiasan serta tulisan yang menggunakan kuas.
fokus membuat mal Naskah Wajib



Namun walaupun begitu, pada intinya para santri tetap dituntut untuk mendalami kaidah huruf disamping mereka menggeluti cabang-cabang tersebut, karena pada penilaian lomba MTQ bahkan sampai tingkat internasional pun tetap kaidah huruf yang didahulukan   

   


sedang mendengarkan penjelasan tentang cabang Mushaf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar, demi eratnya tali silaturahim kita...