UNJ : Mengenal Lebih Dalam Seni Kaligrafi Islam di Pesantren Kaligrafi Alquran Lemka

salah satu karya mahasiswi UNJ
sukabumi- tepatnya pada tanggal 13 desember 2014 fakultas bahasa dan seni jurusan Bahasa dan Sastra Arab Universitas Negeri Jakarta (BSA-UNJ) semester I mengadakan study tour ke Pesantren Kaligrafi Alquran Lemka dalam rangka pengembangan wawasan serta pendalaman seni kaligrafi islam. Diikuti oleh 19 mahasiswa dan 52 mahasiswi serta dua orang dosen pembimbing (Dr.Nuruddin, Mag dan M.Zaim Muhtadi).
kegiatan ini diawali dengan pengenalan khot nash secara mendalam oleh ketua Pendidikan dan Latihan Pesantren Kaligrafi Alquran Lemka ustadz Hilmi Munawar, S.Pd.I dilanjutkan dengan pembelajaran serta praktek melukis kaligrafi kontemporer yang dibimbing oleh salah satu pengajar Pesantren Kaligrafi Alquran Lemka ustadz Cucu Suharto. Disini para mahasiswa-mahasiswi tidak hanya mempelajari kaligrafi saja, melainkan mereka juga mendapatkan pengalaman baru yaitu melukis kaligrafi kontemporer.

sedang fokus berkarya kaligrafi kontemporer

Hal ini sebenarnya diluar planning mereka yang awalnya hanya ingin memperdalam khot saja.Kurang lebih sekitar 3 jam para mahasiswa-mahasiswi Universiras Negeri Jakarta menuangkan apa yang ada dalam otak mereka dalam media kertas duplek. Diakhir acara setelah merasa puas melukis, para mahasiswa-mahasiswi diberikan wawasan kaligrafi oleh Drs.K.H.D.sirojuddin AR, M.Ag selaku pimpinan Pesantren Kaligrafi Alquran Lemka.
Drs.K.H.D.Sirojuddin(tengah) berpose dengan dua orang dosen UNJ
Kunjungan Universitas Negeri Jakarta ini bukan kali pertamanya, karena pada tahun 2012 lalu Universitas Negeri Jakarta sudah pernah mengadakan study tour di Pesantren Kaligrafi Alquran Lemka ini. Dengan kunjungan kedua kalinya ini, semoga dapat terus terjalin tali silaturrahmi antara Universitas Negeri Jakarta dengan Pesantren Kaligrafi Alquran Lemka dan semoga kunjungan kali ini dapat membawa manfaat lebih bagi para mahasiswa-mahasiswi fakultas bahasa dan seni jurusan Bahasa dan Sastra Arab Universitas Negeri Jakarta.      

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar, demi eratnya tali silaturahim kita...