20 April 1985 : Tujuan LEMKA dipaparkan dengan jelas tanpa ragu-ragu lagi, yaitu: “Pengembangan bakat dan pengenalan khazanah Islam” dengan usaha-usaha antara lain “Mempercepat proses pemasyarakatan seni menulis khat atau kaligrafi kepada seluruh lapisan masyarakat, khususnya masyarakat muda, di tanah Air.”

05 Juli 2015

Pesantren Kaligrafi Alquran Lemka Kembali Adakan "Pesantren Kilat Ramadhan"

Sebanyak 32 orang dari dalam dan luar daerah sukabumi mengikuti pesantren kilat ramadhan yang diadakan oleh Pesantren Kaligrafi Alquran Lemka. Dengan berbagai jenis latar belakang mulai dari para guru, pelajar, sampai anak-anak kegiatan ini berlangsung 5 hari mulai dari hari minggu-sabtu (28/06-04/07).

Ini adalah yang kelima kalinya Pesantren Kaligrafi Alquran Lemka mengadakan pesantren kilat ramadhan setelah sebelumnya sempat fakum kurang lebih 10 tahun lamanya."Awalnya program pesantren kilat kali ini kami adakan khusus untuk para guru TPA kota sukabumi dan kabupaten sukabumi dengan tujuan untuk memperbaiki tulisan para guru yang masih kurang bahkan belum terlalu mengenal tulisan arab dengan baik", kata ustadz iman syaiful mu'minin, sabtu (04/07/15).

Acara yang diketuai oleh ustadz husaeni ini diadakan setiap harinya dua kali pertemuan, yaitu pagi mulai jam 09:15 sampai jam 12:00 dan siang hari mulai 12:30 sampai 15:00. Dalam kegiatan Pesantren Kilat ini para peserta diperkenalkan berbagai macam khat dan cara menulis khat yang baik serta diajarkan cara meraut handam. Selain belajar menulis khat, para peserta juga diajarkan cara membuat ornamen, mengenal warna, serta melukis dibalik kaca.

Kegiatan ini hanya mengharuskan para pesertanya membayar uang pendaftaran untuk membuat sertifikat yang dibagikan diakhir kegiatan Pesantren Kilat ini. Para peserta yang megikuti kegiatan ini cukup antusias karena rata-rata peserta datang tanpa paksaan dan mempunyai niat untuk memperbaiki tulisan. Harapan para asatidz yang mengajar semoga kedepannya kegiatan ini dapat terus berjalan  sehingga para pelajar khususnya para guru yang belum sempat mengikuti kegiatan Pesantren Kilat ini dapat mengikutinya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar, demi eratnya tali silaturahim kita...