20 April 1985 : Tujuan LEMKA dipaparkan dengan jelas tanpa ragu-ragu lagi, yaitu: “Pengembangan bakat dan pengenalan khazanah Islam” dengan usaha-usaha antara lain “Mempercepat proses pemasyarakatan seni menulis khat atau kaligrafi kepada seluruh lapisan masyarakat, khususnya masyarakat muda, di tanah Air.”

27 September 2016

Pengalaman Mengajarkan Ilmu Khat Kepada Santri dari Oman

Telah cukup lama, terasa meng-Internasionalnya LEMKA. Akhir-akhir ini perasaan itu makin terasa semakin kuat. Hal ini terlihat dari mulai banyaknya santri yang belajar khat ke LEMKA di Ciputat dan juga ke Pesantren Kaligrafi Alquran Lemka Kota Sukabumi.

Ustadz Teguh mencontohkan cara penggoresan beberapa khat tsulus
Mulai dari datangnya para peneliti dan penulis yang datang dari berbagai belahan dunia, seperti peneliti dari Australia, dll.
Undangan kerjasama, pameran dan undangan mengajar khat ke Iran, Pakistan, Brunnei, dan Malaysia.
Serta para artis internasional dan nasional yang datang silih berganti, datang untuk berbagai kebutuhan pengambilan gambar/shoting atau hanya sekedar berkunjung saja.
Juga tak ketinggalan datangnya para santri yang datang dari negeri jiran maupun negeri yang jauh. Seperti Malaysia, Oman, Brunnei, dll.

Pelajaran khat bersama ustadz Walkhatimi

Hal tersebut di atas kian menguatkan tekat untuk pengembangan bidang bahasa sebagai kebutuhan yang tak tertunda bagi para asatidz. Terutama bahasa arab dan inggris.
Berjalan-jalan ke koperasi seni santri
untuk melihat berbagai buku  & peralatan khat

Berjalan-jalan ke koperasi seni santri 
untuk melihat berbagai buku  & peralatan khat

Melihat andam, kayu pakis untuk pena khat khas indonesia

Seperti yang terjadi baru-baru ini. Datangnya seorang murid dari negara Oman secara langsung yang hendak mempelajari ilmu penulisan khat naskhi, diwani, tsulus dan riq'ah.
Sertifikat kursus khat di berikan oleh Ustadz Hilmi Munawwar, S.Pd.I

Proses belajar-mengajar ilmu khat terhadap Nasser Shamis Hamed Al-Zohli ini, dilakukan beberapa asatidz pilihan dan tentunya transfer ilmu dilakukan dengan menggunakan bahasa arab dan inggris.

Berfoto bersama para ustadz


Materi-materi yang diajarkan adalah materi pembuatan muqahhar dan materi beberapa jenis khat yang di ajarkan beberapa ustadz secara bertahap selama 20 hari lamanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar, demi eratnya tali silaturahim kita...