20 April 1985 : Tujuan LEMKA dipaparkan dengan jelas tanpa ragu-ragu lagi, yaitu: “Pengembangan bakat dan pengenalan khazanah Islam” dengan usaha-usaha antara lain “Mempercepat proses pemasyarakatan seni menulis khat atau kaligrafi kepada seluruh lapisan masyarakat, khususnya masyarakat muda, di tanah Air.”

17 Oktober 2016

Kursus Khat LEMKA Diminati Peserta dari Jepang dan Malaysia, Berikut Ini Peserta Kursusnya

"Sukses selalu buat LEMKA" ! Itu yang selalu diharapkan oleh para asatidz, pengurus dan banyak tamu undangan. Beberapa waktu dilaksanakan pembukaan kursus khat secara resmi, yang dihadiri oleh segenap peserta kursus kaligrafi, para pelukis kenamaan, asatidz dan pengurus LEMKA lainnya.

Kursus kaligrafi kali ini telah menjaring cukup banyak peserta kursus, baik peserta dalam negeri maupun luar negeri. Kursus kaligrafi gelombang ke-61 kali ini menjaring setidaknya 103 orang peserta kursus. Dimana ada 68 orang yang mendaftar kursus kaligrafi Basic 1, kemudian 7 orang mendaftar untuk belajar melukis, 23 basic 2, dan 5 orang basic 3.

Para peserta kursus khat puteri
"Oh ya, pada kursus gelombang ke-61 ini, ada juga peserta kursus kaligrafi dari Jepang dan Malaysia, tepatnya 1 orang dari Jepang, dan 2 orang dari Malaysia." demikian diungkapkan oleh Muhammad Jakfar, Ketua Departemen Pendidikan dan Latihan LEMKA.

Perihal peserta belajar kaligrafi dari luar negeri ini bukanlah hal baru bagi LEMKA. Sebagaimana yang sudah-sudah, seperti beberapa waktu lalu ada peserta kursus kaligrafi dari Yaman di Pesantren Kaligrafi Alquran Lemka Kota Sukabumi, tahun 2000-an ada peserta kursus juga dari Jepang, beberapa tahun lalu ada peserta kursus khat dan ornamen dari Brunei Darussalam, makin banyaknya santri dari Malaysia selama beberapa tahun ini, dan masih banyak lagi contohnya. 

Preparattory test pada hari sabtu
2 santri dari  Malaysia melaksanakan Preparattory test bersama peserta kursus lainnya
Peserta kursus dari Jepang (tanpa jilbab) mengikuti prepattory test
Para Panitia dan pengurus kursus
Para Panitia dan pengurus kursus
Peserta kursus khat putera
Dalam acara pembukaan kursus kaligrafi gelombang ke-61 ini, turut hadir Ustadz Awan Mauluddin Anwar, S.Ag (Koordinator liputan SCTV). Beliau adalah salah satu pengajar LEMKA dan pengajar di Pesantren Kaligrafi Alquran Lemka. Pada kesempatan acara pembukaan tersebut, beliau menyampaikan materi seputar "Potensi Kaligrafi di Era Digital".

Semoga para kursus kaligrafi di LEMKA memperoleh ilmu-ilmu khat sebagaimana diharapkan dan dapat dengan mudah menguasai ilmu yang dituntutnya. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar, demi eratnya tali silaturahim kita...