20 April 1985 : Tujuan LEMKA dipaparkan dengan jelas tanpa ragu-ragu lagi, yaitu: “Pengembangan bakat dan pengenalan khazanah Islam” dengan usaha-usaha antara lain “Mempercepat proses pemasyarakatan seni menulis khat atau kaligrafi kepada seluruh lapisan masyarakat, khususnya masyarakat muda, di tanah Air.”

08 November 2016

Kaligrafi Di Era Globalisasi Digital

Era globalisasi menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi para seniman kaligrafi islam. Kita dihadapkan pada zaman modern yang penuh dengan hal-hal digital sehingga untuk melakukan pengembangan kaligrafi juga harus mengikuti perkembangan digital pada saat ini. Tepatnya pada hari sabtu (05/11/16) bertempat digedung asrama baru putri lantai 3 Pesantren Kaligrafi Al quran Lemka para santri dan guru-guru lemka diberikan ilmu seputar kaligrafi digital oleh Mauluddin anwar, S.Ag atau sering dipanggil ustadz awan ketua bidang Humas dan Kelembagaan Pesantren Kaligrafi Al quran Lemka sekaligus Kepala Produksi Berita Liputan 6 SCTV yang sudah sangat berpengalaman dalam dunia digital.
   Karena kecintaannya terhadap kaligrafi dan dunia digital, beliau banyak memberikan motivasi seputar peluang para kaligrafer dalam dunia digital. "kita sebagai kaligrafer mempunyai banyak sekali peluang dalam dunia digital karena jarang sekali media-media digital seperti televisi yang menggunakan kaligrafi murni. Adapun hanya sebatas Khot kufi saja karena dianggap paling mudah untuk dibuat."
   Dalam seminar kaligrafi digital ini beliau juga mengajak para kaligrafer untuk membuka mata bahwa dunia sudah berubah, dunia sudah modern, dan kita harus lebih kreatif agar kaligrafi tidak tertinggal dan lebih berkembang. Pada akhir seminar beliau berpesan agar para kaligrafer harus berani memulai sesuatu yang unik dan kreatif, berbeda dan membuat orang tertarik akan kaligrafi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar, demi eratnya tali silaturahim kita...